Saturday 7 April 2018

Bicara Dalam Hati ? Alat Ini Tetap Bisa Dengar



Penahkan ente menggunakan voice search google, Cortana, Alexa, dll yang menggunakan suara? Atau mungkin cuman pakai text-to-speech? Kalo ente ngelakuin di tempat umum, pasti kesannya kayak ngomong sama diri sendiri kan? Kadang rasanya awkward juga tuh gan, kalo ngomong "OK Google" ditengah keramaian. Apalagi kalo ente nyari "Tips kenalan sama cewek cantik", pasti malu banget kan kalo kedengeran sama orang.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, para peneliti telah membuat sebuah alat yang bisa ente pakai untuk membaca suara yang ente sebutin dalem hati gan. Jadi gak perlu didengar semua orang lagi deh.

Dilansir dari The Guardian, sebuah alat yang dinamakan AlterEgo bisa menangkap kata-kata yang ente sebutin dalem hati tanpa kedengeran orang sekeliling ente, menggunakan elektroda yang ditempelkan pada kulit. 

Sedangkan menurut DigitDaily, AlterEgo terdiri dari teknologi yang dapat ente pakai ke kepala ente dan mengirimkannya ke sebuah sistem komputer. Elektroda yang diletakkan di rahang dan wajah menangkap getaran internal yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia, namun memicu sinyal neuromuscular. Secara efektif, ini menandakan bahwa "Berbicara dalam hati" merupakan hal yang lebih kompleks dari kelihatannya.

Jadi, ente bisa melakukan voice search maupun text-to-speech tanpa harus mebuat sura ente terdengar oleh orang lain gan. Contohnya seperti pada video yang bisa ente lihat di bawah ini




Quote:"Gagasan kami adalah: bisakah kita memiliki platform komputasi yang lebih internal, yang membaurkan manusia dengan mesin dengan cara tertentu dan terasa seperti ekstensi internal dari kesadaran kita?" kata Arnav Kapur, yang memimpin pengembangan sistem tersebut di Media Lab MIT.

Kapur mendeskripsikan headset tersebut sebagai sebuah "Interlligence-augmentation” atau perangkat AI, dan telah dipresentasikan di the Association for Computing Machinery’s, Tokyo. Benda ini digunakan diantara rahang dan dagu, lalu dicantelkan di atas telinga. Empat elektroda dibawah alat plastik putih tersebut membuat kontak dengan kulit dan menangkap sinyal neuromuscular halus yang terpacu ketika seseorang berbicara dalam hati. Ketika seseorang mengatakan sesuatu di kepalanya, kecerdasan buatan (AI) pada alat tersebut bisa menyocokkan sinyal tertentu dengan kata tertentu, lalu mengirimkannya ke sebuah koputer.

Komputer bisa memberikan tanggapan melalui alat tersebut yang mengirimkan suara lewat getaran yang dihantarkan oleh tubuh kita sendiri. Hal ini membuat kita tidak perlu lagi menggunakan earphone pada telinga, dan membuat kita tetap bisa mendengar sekeliling kita di saat yang bersamaan. 

AlterEgo rata-rata bisa menerjemahkan kata-kata dengan akurat sebanyak 92% saat dicoba kepada 10 orang yang menggunakannya sekitar 15 menit. Tidak terpaut jauh dengan Google Voice yang ketepatannya mencapai 95% menggunakan earphone biasa. Namun, Kapur mengatakan, alat ini akan dikembangkan lebih baik kedepannya.

Kapur dan timnya sedang berfokus mengumpulkan data untuk memperbaiki pendeteksi kata dan juga memperluas jumlah kata yang bisa dideteksi oleh AlterEgo. 

Tujuan akhirnya adalah membuat interaksi antara manusia dan AI seperti Google's Assistant,  Amazon’s Alexa or Apple’s Siri, tidak terlalu memalukan dan lebih intim, membuat orang-orang bisa berkomunikasi dengan AI dengan tanpa terdengar oleh dunia luar - sebuah sistem yang terdengar seperti fiksi ilmiah (Science Fiction) tapi benar-benar mungkin untuk diwujudkan.

Hal ini tentunya juga bisa juga digunakan untuk membantu orang-orang bisu. Moga aja berhasil yee gan...

SUMBER
https://www.theguardian.com/technolo...internal-voice
https://dgit.com/new-alterego-device...r-voice-56568/
http://www.dailymail.co.uk/sciencete...eak-again.html

1 comment:



  1. Jual Obat Penenang Riklona 2mg
    Riklona adalah Obat Penenang Yang mengandung Clonazepam, yang merupakan golongan obat dari benzodiazepine. Clonazepam digunakan tunggal atau bersama dengan obat lain untuk mengobati gangguan kejang tertentu, misalnya, sindrom Lennox Gastaut, atau kejang mioklonik akinetic.
    Obat Penenang ini juga digunakan untuk mengobati gangguan panik pada beberapa pasien.
    Clonazepam termasuk golongan obat benzodiazepine. Benzodiazepine termasuk dalam kelompok obat yang disebut depresan sistem saraf pusat (SSP). Depresan SSP merupakan obat yang dapat memperlambat sistem saraf. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter.
    Efeknya: Sangat menenangkan dan menyenangkan.
    Komposisi :
    Clonazepam Tiap tablet mengandung: Clonazepam 2mg
    Indikasi :
    Lennox Gastaut’s syndrome (typical & atypical absence), myoclonic, akinetic attacks, absence seizure (petit mal).

    Harga 1 Strip = 200.000?—?Harga 1 Box = 1.600.000 (10 Strip @10 Tablet)
    Berikut Daftar Harga Obat Penenang Pikiran
    Dumolid 5mg Rp. 170.000
    Calmlet 2mg Rp 170.000
    Riklona 2mg Rp 200.000
    Ativan 2mg Rp 170.000
    Ritalin import 10mg Rp 185.000/strip isi 15 butir
    Prohiper 10mg Rp170.000
    Frixitas 1mg Rp 170.000
    Esilgan 2mg Rp170.000
    Alprazolam dexa 1mg Rp 170.000
    Alprazolam oto 1 mg Rp 170.000
    Alganak 1mg Rp 180.000
    Zypraz 1mg Rp 1700.000
    Valisanbe (diazepam) Rp 170.000
    valdimex (diazepam) Rp 170.000
    Stesolid (diazepam) Rp 170.000
    Valium 10mg Rp 170.000
    Rivotil 2mg Rp 170.000
    Merlopam 2mg Rp 170.000
    Feprax 1mg (alprazolam ) Rp 170.000
    Decazepam 5 mg Rp 50.000 /strip Minimal Order 3 strip
    Trilin 25mg : Rp 50.000 / strip Minimal Order 3strip
    Frisium 10 mg (Clobazam) : Rp 170.000
    Cipralex 10mg (escitalopram) : Rp 190.000
    Remintal 10mg (Olanzapine) : Rp 240.000

    Informasi Pemesanan telpon/whatsapp : 0821 3700 6877

    ReplyDelete